3 Syarat Mendapatkan Program Beasiswa dalam Negeri (Bidik Misi)

Program Beasiswa

Beasiswa merupakan sebuah kata sederhana namun kata ini adalah mimpi yang sangat ingin diwujudkan bagi beberapa pelajar Indonesia. Di Indonesia sendiri telah menerapkan sistem belajar wajib 12 tahun, namun sistem tersebut masih belum cukup efektif untuk bersaing di era global seperti saat ini. Sehingga para pelajar Indonesia ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi yaitu ke jenjang perguruan tinggi. Namun ada beberapa kendala yang menurunkan niat para calon mahasiswa di Indonesia, salah satunya masalah biaya.

Program Beasiswa dalam Negeri (Bidik Misi)

Sudah diketahui bahwa di bangku perguruan tinggi tidaklah sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan selama proses perkuliahan. Sehingga tidak sedikit pelajar Indonesia yang merasa putus asa dengan hal yang dialaminya. Saat ini para calon mahasiswa tidak perlu takut untuk berkuliah karena ada program beasiswa dalam negeri yang bernama Bidikmisi.

Bidikmisi merupakan sebuah program beasiswa yang diberikan pemerintah khusus bagi pelajar indonesia yang kurang mampu dalam segi finansial. Adapun kriteria khusus penerima beasiswa tersebut adalah mereka yang merupakan penerima dari BSM (Beasiswa Siswa Miskin) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya.

Adapun syarat untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi ini, diantaranya:

  1. Warga Negara Indonesia

Calon mahasiswa yang diperbolehkan mendaftar beasiswa ini hanyalah mereka yang asli Indonesia. Karena program bisikmisi ini merupakan fasilitas khusus dari pemerintah untuk membangun putra – putri generasi penerus bangsa demi menggapai cita – cita memajukan Negara Indonesia.

  1. Warga kurang mampu

Syarat selanjutnya adalah warga kurang mampu. Karena bidikmisi ini adalah program beasiswa dalam negeri yang khusus di peruntukkan bagi para calon mahasiswa indonesia yang kurang beruntung dalam hal finansial. Sehigga dengan adanya program pemerintah ini, seluruh pelajar di Indonesia bisa melanjutkan pendidikan hingga lulus perguruan tinggi.

Tolok ukur dari penerima bidikmisi ini adalah pendapatan gabungan orangtua kurang dari Rp3 Juta per bulan. Dengan begitu akan masuk persyaratan, dimana bila diterima setiap mahasiswa bidikmisi berhak mendapat fasilitas bebas biaya kuliah dan mendapatkan uang saku Rp 600 ribu/bulan.

  1. Memiliki potensi akademik

Syarat ketiga adalah calon penerima program beasiswa dalam negeri bidikmisi adalah mereka yang berpotensi dalam hal akademik. Karena nantinya saat setelah mendapatkan beasiswa, para mahasiswa ini akan memiliki syarat bahwa IP(Indeks Prestasi) tidak boleh kurang dari 2,75 agar beasiswa bidikmisi tetap bisa di terima. Biasanya untuk sebagai bukti bahwa calon penerima beasiswa bidikmisi ini akan disertai dengan surat keterangan dari kepala sekolah.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail