JENIS-JENIS KAMERA DIGITAL

Mengenal Jenis-Jenis Kamera Digital

Dalam post kali ini kita akan membahas beberapa macam jenis kamera digital berdasar bentuk fisik dan cara kerjanya. Mungkin umunya, banyak orang awam mengenal kamera digital hanya sebatas kamera Digital Single Lens Reflect atau DSLR saja bukan? Tapi sebenarnya jika dilihat dari sistem kerja dan bentuknya, tidak hanya DSLR tau diggital single lens reflect camera saja lho. Ada beberapa jenis kamera digital dimana mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya, setiap bentuk dan jenis kamera digital ini juga menentukan harga kamera digital itu sendiri.

Harga kamera digital ini tentunya tidak dipegaruhi oleh bentuk dan kegunaannya saja. Meskipun tidak bisa dipungkiri, jenis dan kegunaan ini dipengaruhi oleh fungsi masing-masing. Namun perbedaan merk diana ada merk yang sudah populer dan bonafit tentu saja akan dipatok dengan harga lebih mahak=l ketimbang harga kamera digital dengan merk yang masih belum populer. Itupun tergaantung dengan fitur yang ada di dalamnya. Kembali kedalam topik bahasan utama yaitu jenis kamera digital, kita akan membahas jenis dan kegunaan kamera digital seperti dibawah ini :

JENIS-JENIS KAMERA DIGITAL

  1. KAMERA POCKET

Kamera pocket ini sangat umum digunakan dikalangan awam. Dulu, sebelum orang-orang awam mengenal digital single lens reflect atau DSLR yang mengembangkan sistem single lens reflect versi digital, mungkin masyarakat aawam lebih familir dengan kamera pocket. Secara bentuk, kamera digital pocket ini juga cukup ramping dan terlihat lebih mini dibanding DSLR. Secara kegunaan pun, kamera digitaal pocket juga ramah digunakan untuk kalangan awam. Semua serba otomatis dimana exporsure kamera juga ter setting dengan otomatis. Jadi kamu tidaak perlu ribet untuk mengutak atik lensa dan pengaturan diafragma. Harga kamera digital pocket pun terbilang paling murah dibanding jenis kamera digital lain yang tentunya punya fitur lebih kompleks dan rumit dibanding kamera digital pocket.

  1. KAMERA PROSUMMER

Jika ditanya jenis kamera apa yang ada ditengah atau diantar kamera pocket dengan DSLR, maka jawabannya adalah kamera prosumer. Kamera digital jenis ini bisa dibilang adalah kamera profesional dimana ketika kamu menggunakannya juga tidak serumit menggunakan DSLR, namun hasil foto dari kamera prosumer ini sudah hampir mirip dengan hasil tangkapan dari kamera DSLR. Mengenai harga kamera digital prosumer ini, tentunya lebih mahal dari kamera pocket.

  1. KAMERA DIGITAL SINGLE LENS REFLECT ATAU DSLR

Kamera digital single lens reflect ini adalah bentuk pengembangan kamera analog lama atau single lens reflect. Single lens reflect sebenarnya adalah sistem sensor kamera itu bekerja dimana ketika sensor menangkap objek foto dengan memantulkannya dan menjadikannya sebuah objek yang bisa dideteksi dan di citrakan menjadi foto. Nah, DSLR adalah bentuk pengembangan digital dari kamera Single lens reflect itu. Mengenai harga, tentunya dibanding prosumer dan kamera pocket, harga kamera digital DSLR ini lebih mahal.

Itulah beberapa jenis dari pengembangan digital kamera yang dulunya selalu memakai roll film untuk bisa dicuci dan dicetak menjadi foto. Namun berkat kemajuan teknologi, semua menjadi dipermudah dan diefektifkan menjadi pengembangan kamera digital. Jadi, mana kamera digital pilihanmu?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail