Melihat Keseruan Tradisi Pacu Jawi Di Padang Panjang, Sumatera Barat

Tradisi Pacu Jawi Di Padang Panjang

Keberagaman budaya Indonesia bisa kita lihat dari banyaknya permainan tradisional yang di sebagian besar wilayah, masih dipertahankan hingga sekarang. Salah satunya adalah Pacu Jawi, yang merupakan sebuah permainan tradisional masyarakat Padang, Pacu memiliki makna berlomba cepat dan Jawi bermakna sapi, jadi Pacu Jawi dapat diartikan sebagai berlomba kecepatan dengan menggunakan hewan sapi dan seorang joki yang di mana joki adalah orang yang menunggang, serta turut lari bersama sapinya.Sekilas, permainan Pacu jawi mirip dengan karapan sapi yang ada di Madura.

Bila karapan sapi Madura digelar di tanah kering, maka pacu jawi ini dilakukan di atas tanah berlumpur, bekas sawah yang telah dipanen penduduk, selain itu, dalam pacu jawi tidak dilombakan dengan pasangan lawan, tetapi hanya dilepas satu persatu. Jadi, ini bukan lomba untuk melihat siapa yang paling cepat, tetapi yang menjadi pemenangnya adalah Jawi (sapi) yang ditunggangi harus berlari paling lurus, tanpa berbelok hingga ke garis akhir. Terdengar mudah bukan? Namun nyatanya tidak demikian, nyatanya ada banyak joki yang menunggang sapi hingga bisa berlari cepat, tetapi arahnya tidak lurus, ada juga sapi yang justru berlari pergi meninggalkan sang joki.

Pacu jawi merupakan event budaya petani di Sumatera Barat yang sudah dilakukan secara turun temurun. Kegiatan ini konon telah berlangsung selama ratusan tahun lalu, dan dilakukan untuk mengisi waktu setelah masa panen datang, bahkan terkadang diadakan 3 kali setahun sebelum musim tanam, dengan tujuan sebagai hiburan bagi para petani usai masa panen selesai. Dan setiap kali acara ini diadakan, banyak para penduduk setempat, wisatawan lokal maupun mancanegara, dan para fotografer yang sengaja datang untuk menyaksikan langsung keseruan, kelucuan, dan kegembiraan yang bisa dinikmati saat menyaksikan pacu jawi.

Anda tertarik ingin merasakan juga keseruan dalam kemeriahan suasana Pacu Jawi? Temukan tiket promo penerbangan menuju Padang, dan temukan akomodasi hotel di Padang yang banyak tersedia di situs booking online. Bingung mencari hotel terbaik untuk menginap? Anda bisa memesan kamar hotel Mercure Padang yang memiliki fasilitas lengkap. Dan perhatikan juga jadwal nya, acara budaya ini berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Untuk tempatnya sendiri, biasanya diselenggarakan di empat kecamatan, yaitu: Sungai Tarab, Rambatan, Limo kaum, dan Pariangan. Acara Pacu Jawi ini digelar pada beberapa tanggal di bulan Mei, yaitu: 3, 7, 10, 17 dan 24 setiap tahunnya.

Kabupaten Tanah Datar sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatra Barat, dengan iklim daerahnya berhawa sejuk, karena berada di tengah-tengah Provinsi Sumatera Barat. Untuk menjangkau tempat ini, Anda bisa memanfaatkan bus umum atau menyewa kendaraan dari Padang bila datang dari Bandara Minangkabau. Bila anda memakai kendaraan pribadi, dari Kota Padang Panjang anda bisa menuju ke Kabupaten Tanah Datar untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan di mana tempat berlangsungnya perlombaan.

Perlombaan pacu jawi adalah acara yang sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat sekitar serta para wisatawan. Setiap perlombaan ini di gelar, dipastikan akan penuh sesak oleh pengunjung yang datang untuk menyaksikan langsung keseruan festival tahunan ini. Lantaran pelaksanaannya bergilir di empat kecamatan, jadi tiap-tiap acara ini di gelar pada satu kecamatan, bisa di pastikan peserta serta penonton dari kecamatan lain akan berdatangan menuju ke tempat perlombaan yang sudah dimulai sejak pukul 10. 00 WIB s/d jam 17. 00 WIB.

Karena perlombaan yang dikerjakan di tengah-tengah persawahan ini dilakukan di atas sawah yang tanahnya becek dan gembur, menjadi suatu pemandangan yang seru dan menarik saat penunggang terjatuh bahkan tubuhnya dilumuri oleh cipratan lumpur. Dan setiap kali perlombaan ini dimulai, lokasi tempat lomba Pacu Jawi akan sangat ramai, layaknya pasar, lantaran disela-sela waktu perlombaan berjalan, sering berlangsung pula transaksi jual beli sapi oleh para pedagang serta pemilik sapi. Bahkan, untuk sapi yang kerap memenangkan perlombaan memiliki harga 2x lipat lebih mahal dari harga umumnya karena prestasinya.

Tidak hanya sampai disitu saja, pada saat penutupan acara, akan diselenggarakan juga beragam permainan seni serta budaya tradisional serta aktivitas adat-istiadat berupa arak-arakan sapi pemenang, yang sebelumnya telah didandani dengan beragam aksesori, sambil diiringi oleh rombongan pembawa dulang yang berisi makanan. Sudah terbayang keseruan dan kemeriahannya? Dengan menyaksikan perlombaan tradisional seperti pacu jawi ini, bisa menjadi tujuan wisata anda saat berkunjung ke kota Padang Panjang. Maka dari itu, bawa serta juga teman atau keluarga anda supaya agenda wisata kali ini semakin mengasyikkan! Anda pun bisa menginap dengan berbagai pilihan hotel di Padang.

Bingung dengan banyaknya pilihan hotel di Padang tidak perlu khawatir, anda bisa memilih untuk menghabiskan waktu liburan di Padang dengan menginap di hotel Mercure Padang Terletak di pusat kota Padang, Mercure Padang dapat dijangkau dengan berkendara 10 menit dari Pantai Padang dan Plaza Andalas, dan hanya 45 menit dari bandara Internasional Minangkabau. Akomodasi ini menjadi salah satu tempat menginap paling favorit para traveler, karena dengan harga yang terjangkau, para tamu akan mendapatkan fasilitas lebih banyak jika dibandingkan dengan akomodasi lain sejenis yang sama-sama berada di satu kawasan yang sama.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail