Ragam Asuransi

Ragam Asuransi

Jika berbicara soal asuransi, pasti tidak bisa lepas dari Pemerintah Hindia Belanda yang mulai menerapkan asuransi di Indonesia sejak tahun 1800an hingga awal 1900an. Ketika itu Hindia Belanda memperkenalkan asuransi risiko kebakaran di hampir seluruh gedung pemerintahan. Lalu pada tahun 1900an, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan perusahaan asuransi yang bernama Indische Lloyd yang bergerak di bidang asuransi kebakaran dan Boemi Putra yang merupakan asuransi jiwa pertama di Indonesia.

Setelah itu perkembangan asuransi di Indonesia menjadi sangat maju, walaupun beberapa diterpa krisis pada saat penjajahan hingga krisis ekonomi 1998. Nah pada tahun 90an, perusahaan asuransi di Indonesia mulai stabil. Ada banyak sekali ragam asuransi yang muncul di Indonesia. Apakah ini malah semakin merugikan bagi masyarakat? Tentu sebaliknya, semakin banyak ragam asuransi semakin mudah pula Anda memilih mana asuransi yang paling cocok untuk Anda.

Asuransi Jiwa

Selain menjadi salah satu asuransi yang paling ramai di Indonesia, asuransi jiwa juga menjadi ragam asuransi yang pertama masuk di Indonesia. Asuransi jiwa adalah jenis produk asuransi yang memberikan perlindungan ketika tertanggung meninggal dunia. Jika tertanggung meninggal dunia, maka perusahaan asuransi wajib memberikan santunan sesuai dengan polis asuransi yang tertera. Keuntungan menggunakan asuransi jiwa adalah keluarga tertanggung akan mendapatkan uang dalam jumlah banyak jika nanti tertanggung meninggal.

Asuransi Kebakaran

Seperti dijelaskan di awal, asuransi kebakaran ini merupakan salah satu asuransi pertama yang masuk di Indonesia. Asuransi kebakaran adalah asuransi yang akan menanggung kerugian properti yang disebabkan karena kebakaran dan bukan terjadi karena faktor kesengajaan. Walaupun potensi kebakaran ini sedikit, biasanya gedung dan rumah baru di Indonesia sudah memiliki asuransi kebakaran.

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan ini mulai tren di Indonesia pada tahun 90an dan 2000an, dikarenakan biaya pendidikan yang semakin mahal. Asuransi pendidikan adalah perlindungan finansial untuk menanggung biaya pendidikan tertanggung sampai batas waktu yang disepakati. Biasanya asuransi pendidikan bisa menanggung sampai biaya kuliah.

Asuransi Kesehatan

Salah satu asuransi juga paling ramai di Indonesia adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan memberikan jaminan dan perlindungan finansial kepada tertanggung untuk biaya rumah sakit, rawat inap, obat, biaya dokter sampai biaya rawat jalan. Beberapa perusahaan asuransi memiliki polis yang berbeda-beda mengenai asuransi kesehatan. Karena ini adalah asuransi yang paling banyak dicari di Indonesia, jadi Anda harus benar-benar membaca polis asuransi dengan benar, apakah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi Kecelakaan Diri

Banyak yang tidak tahu, bahwa asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan ini berbeda. Asuransi kecelakaan adalah asuransi yang menjamin dan melindungi tertanggung atas risiko kecelakaan yang mengakibatkan rawat inap, pengobatan, cacat sementara, cacat tetap sampai kematian. Tapi pada sebagian perusahaan asuransi, mereka menawarkan asuransi kesehatan beserta kecelakaan diri. Karena asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan diri ini hampir mirip, jadi Anda harus benar-benar teliti dalam memilih asuransi.

Asuransi Kendaraan

Jika asuransi kecelakaan diri ini untuk manusianya, maka asuransi kendaraan ini asuransi untuk kendaraan. Asuransi kendaraan akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan tertanggung dari berbagai macam risiko tabrakan, benturan, kerusakan sampai kehilangan. Asuransi kendaraan ini umumnya ada pada kendaraan yang dicicil.

Asuransi Perjalanan

Jika Anda naik angkutan umum, kereta api atau pesawat, Anda biasanya mendapat asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan kepada tertanggung selama dalam perjalanan atau di tempat, negara atau kota.

Asuransi Properti

Hampir sama dengan asuransi kebakaran, tetapi asuransi properti ini lebih kompleks. Asuransi properti akan memberikan perlindungan properti kepada tertanggung dari berbagai risiko seperti bencana alam, kerusuhan, kebakaran, banjir dan lain sebagainya.

Asuransi Aset

Asuransi aset ini biasanya digunakan untuk perusahaan atau rumah yang memiliki aset cukup banyak. Asuransi aset akan melindungi dan memberikan jaminan aset yang telah dihitung sebelumnya kepada tertanggung dari risiko kehilangan atau kerugian. Aset ini bisa yang terlihat dan yang tidak terlihat, yang pasti harus memiliki nilai ekonomi.

Itulah beberapa ragam asuransi yang bisa Anda pilih tergantung kebutuhan. Pastikan Anda memilih asuransi yang pas, mulai dari biaya premi, kebutuhan sampai masalah pencairan dana.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail