10 Perlengkapan Wajib Bagi Ibu Setelah Melahirkan

10 Perlengkapan Wajib Bagi Ibu Setelah Melahirkan

Kelahiran bayi yang dikandung pasti sangat ditunggu-tunggu. Orang tua terutama ibu harus menyiapkan berbagai hal seperti barang-barang atau perlengkapan ibu setelah melahirkan dan mental. Waktu yang tepat untuk membeli perlengkapan bayi dan untuk ibunya setelah melahirkan adalah ketika kehamilan memasuki bulan ke-8 atau 30 minggu. Simak 10 perlengkapan wajib bagi ibu setelah melahirkan yang dirangkum dari https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/khusus-ibu-ini-15-perlengkapan-yang-wajib-dimiliki-pasca-melahirkan sebagai berikut.

  1. Pakaian untuk Menyusui

Setelah melahirkan, sang ibu pasti menyusui bayinya. Oleh sebab itu, busui (ibu menyusui) harus memiliki beberapa pakaian yang nyaman dan fleksibel untuk proses menyusui. Contohnya, daster atau baju berkancing depan seperti piyama, blouse, atau gamis. Pakaian harus berbahan adem, halus, dan longgar karena kondisi tubuh si ibu belum pulih setelah melahirkan. Ketika menyusui, sang ibu biasanya akan berkeringat sehingga sebaiknya pakaian memberi rasa nyaman.

  1. Bra Menyusui (Nursing Bra) dan Breasts Pad

Pemilihan bra berupa nursing bra akan memudahkan ketika menyusui bayi tanpa harus melepas bra yang sedang digunakan. Bra ini memang dibuat khusus dengan bahan yang lebih halus dan tidak memakai besi sehingga ASI keluar lebih lancar. Selain itu, breasts pad juga penting untuk menyerap ASI agar tidak merembes ke pakaian. Breasts pad diselipkan di antara bra dan payudara. Ada yang sekali pakai dan ada juga yang bisa dicuci sehingga bisa dipakai berkali-kali.

  1. Nipple Cream

Nipple cream adalah salah satu perlengkapan ibu setelah melahirkan yang penting untuk mengatasi puting payudara yang lecet akibat menyusui. Putting lecet biasanya terjadi ketika gigi bayi mulai tumbuh sehingga dia akan menggigit-gigit puting ibunya. Pilihlah nipple cream dengan formula Food Grade sehingga tidak perlu dibilas dan aman ketika tertelan oleh bayi.

  1. Celana Dalam Setelah Melahirkan

Pada umumnya, para ibu memiliki luka setelah melahirkan terutama pada persalinan caesar. Oleh karena itu, celana dalam yang nyaman dan tidak menyebabkan iritasi di area sekitar perut dan vagina. Celana dalam yang dikenakan sebaiknya agak tinggi (high waisted) supaya karet celana tidak menyentuh jahitan di area perut bawah. Pilihlah celana berbahan lembut, tidak panas, dan elastis supaya tubuh bisa bergerak dengan bebas dan tekanan di perut tidak bertambah.

  1. Pembalut untuk Nifas

Nifas atau darah sisa-sisa persalinan dan pergantian dari tidak haid selama 9 bulan akan mengeluarkan darah yang sangat banyak. Oleh sebab itu, setiap ibu biasanya akan mengganti pembalut sekitar 4 sampai 5 kali, kecuali ketika masa nifas akan berakhir. Belilah pembalut yang besar dan panjangnya lebih dari 30 cm agar mampu menyerap darah dengan baik.

  1. Pompa ASI (Breast Pump)

Pompa ASI sangat penting bagi ibu yang menyusui, walaupun tidak menjadi pekerja kantoran. ASI harus sering dipompa agar tidak tumpah karena terlalu penuh di payudara. Lakukan pompa ASI dengan keadaan santai atau sambil melakukan hal-hal menyenangkan seperti menonton film. ASI yang telah dipompa bisa menjadi persiapan atau antisipasi jika sewaktu-waktu si ibu bepergian agak lama dan terpisah oleh bayinya untuk sementara waktu karena bekerja di kantor. Cucilah corong pompa ASI dan botol penampungnya dengan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser agar tetap steril dan terbebas dari kontaminasi bakteri.

  1. Penambah ASI (Booster)

Setiap ibu pasti ingin memberikan ASI hingga anaknya berusia 2 tahun. Untuk itu, ASI booster sangat penting untuk merangsang produksi ASI jika volume ASI masih kurang. Pilihlah ASI booster yang mengandung bahan-bahan alami seperti daun katuk, almond, dan asam folat.

  1. Pendingin ASI (Freezer Khusus ASI)

Alat pendingin (freezer) khusus untuk menyimpan ASI sangat dibutuhkan agar ASI bisa tahan lama. Jangan simpan ASI di kulkas yang berisi daging atau bahan mentah lainnya agar ASI tidak terkontaminasi dengan bakteri.

  1. Tas dan Botol Penyimpan ASI

Tas dan botol penyimpan ASI juga wajib dimiliki untuk menyimpan ASI. Pilihlah botol kaca yang lebih baik dari plastik ASI. Sediakan sekitar 30 botol kaca untuk menyimpan ASI selama satu minggu. Botol-botol kaca tersebut harus sering dicuci dan disterilkan dengan Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser.

  1. Gendongan Bayi (Baby Sling)

Bayi yang baru lahir harus sering digendong oleh ibunya, terutama ketika rewel atau menangis. Belilah gendongan bayi agar ibu tidak pegal karena menggendong bayi terlalu lama. Gendongan ini sangat diperlukan terutama ketika bepergian. Pilihlah baby sling atau hipseat yang lebih praktis digunakan dan mudah untuk memakainya.

Itulah 10 perlengkapan ibu setelah melahirkan yang wajib dimiliki, tetapi tidak harus dibeli karena bisa disewa atau meminjam dari teman. Proses merawat bayi yang baru lahir hingga tumbuh menjadi anak-anak memang sangat menantang dan melelahkan.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan rangkaian produk dari Sleek Baby seperti Sleek Baby Laundry Detergent untuk mencuci pakaian, Sleek Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser untuk mencuci perlengkapan menyusui, Sleek Baby Telon Oil (minyak telon), Sleek Baby Hair & Body Wash untuk keperluan mandi bayi, dan Sleek Baby Diaper Cream untuk mengatasi iritasi akibat popok atau diaper.

Miliki semua produk Sleek Baby agar bisa merasakan berbagai manfaatnya. Sayang anak, sayang anak!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail