5 Permainan yang Dapat Membantu Mengasah Kreativitas Anak

5 Permainan yang Dapat Membantu Mengasah Kreativitas Anak

Sebagai orang tua, kita seringkali mencari ide atau berbagai macam cara untuk bermain bersama anak. Bukan hanya sekedar beraktivitas saja, namun melatih dan melakukan stimulus untuk tumbuh kembang mereka.

Kini, banyak tips sensori play yang bisa Anda lakukan bersama si buah hati. Caranya cukup mudah, dengan menggunakan alat sederhana namun tetap menyenangkan dan dapat mengasah kreativitas anak.

5 Permaianan yang dapat Mengasah Kreativitas

  1. Sensory Play: Bermain dengan Jelly

Yang satu ini merupakan salah satu permainan dengan bahan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan jelly dan berbagai mainan si kecil. Miniatur hewan misalnya. Taruh hewan tersebut di dalam jelly, dan biarkan si kecil menyelamatkan binatang tersebut dengan memegang tekstur dari jelly yang dimainkan.

  1. Bermain Warna

Anda bisa memulai untuk memperkenalkan berbagai jenis warna kepada anak melalui aktivitas yang satu ini. Siapkan pewarna makanan juga kertas yang cukup lebar. Tempelkan telapak tangan anak juga Anda ke dalam pewarna tersebut, kemudian tempelkan kembali di kertas kosong, tak lupa sebutkan nama warnanya dan ulangi beberapa kali.

Permainan ini akan menambah pengetahuan anak. Selain pelajaran tentang warna, mereka juga akan mengeksplorasi hal yang baru ditemui. Mungkin, selain tangan, baju si kecil akan dipenuhi berbagai macam warna, tapi Anda tidak usah bingung karena bisa menggunakan Sleek Baby Laundry Detergent.

  1. Sortir Warna

Dalam permainan yang mampu  mengasah kreativitas anak ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kardus yang ditempel kertas berwarna di bagian depan. Setelah itu siapkan bola kecil warna warni dan buatlah lubang sebesar bola warna.

Cara bermainnya adalah, si kecil memasukkan bola ke dalam masing-masing kotak yang sesuai warnanya.  Selain kreativitas, kecerdasan juga ketelitian anak akan terlatih melalui permainan yang satu ini.

  1. Bermain Cotton Bud

Salah satu permainan yang mudah untuk dilakukan. Siapkan cotton bud dan toples kecil yang sudah anda beri beberapa lubang di atasnya, sesuai dengan ukuran cotton bud. Ajak anak untuk merapikan benda tersebut dengan cara memasukkannya melalui lubang yang sudah disediakan.

  1. Menggambar atau Melukis

Jika anak sudah memasuki usia paud misalnya, Anda bisa mengajaknya untuk menggambar atau melukis. Yang perlu disiapkan hanyalah medianya. Bisa kanvas maupun kertas serta pewarnanya. Anda bisa mengajak mereka menuju halaman ataupun taman, memerhatikan sekeliling dan menuangkannya pada gambar.

Keunggulan Kegiatan Bermain Bersama Anak

  1. Bonding

Hubungan Anda dan anak akan terjalin lebih baik dengan melalukan kegiatan bersama-sama, dalam beberapa permainan di atas, Anda bisa mengajawkan bagaimana bekerja secara tim dengan membagi tugas dalam menyelesaikan permainan tersebut.

Dengan melakukan aktivitas bersama anak, maka chemistry akan lebih kuat. Karena kita tak hanya melewatkan waktu begitu saja, namun menikmati momen berkualitas bersama-sama.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Dengan permainan-permainan tersebut, anak akan berpikir sebelum menentukan langkah untuk memulai permainan, oleh karenanya kinerja otak akan lebih terasah. Mereka juga akan lebih peka pada keadaan juga kreativitas bisa lebih terbangun.

  1. Melatih Problem Solving

Dengan berbagai permainan tersebut, anak akan diajak untuk mengambil sebuah tindakan atau dengan kata lain memecahkan sebuah masalah dan mengatasi tantangan. Sehingga kelak, diharapkan mereka akan lebih siap dalam menghadapi berbagai keadaan.

  1. Pengelolaan Emosi

Selain melatih kreativitas anak, kegiatan tadi juga bisa menjadi ajang untuk melatih mereka dalam mengelola emosi, karena dalam permainan tersebut dibutuhkan kesabaran, ketekunan juga ketelitian.

Banyak permainan menarik dan sederhana yang bisa Anda lakukan bersama buah hati tercinta. Selain menikmati quality time,hal ini juga mampu menjadi media untuk Anda melihat perkembangan anak dan melatih kecerdasan serta kreativitas mereka.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail