Cara Menurunkan Kolesterol dengan Mengatur Pola Makan

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Mengatur Pola Makan

Faktor utama yang menyebabkan peningkatan kolesterol adalah makanan. Terlepas dari Anda mengonsumsi obat penurun kolesterol atau tidak, menjaga pola makan harus selalu dilakukan. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas cara menurunkan kolesterol dengan mengatur pola makan, untuk lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Sebelum membahas makanan yang mampu membantu menurunkan kolesterol, ada baiknya pahami dahulu makanan yang harus dihindari. Makanan yang harus dihindari adalah yang memiliki kandungan 300 mg kolesterol per 100 gr sajian, antara lain adalah otak sapi, jeroan, otak kambing, kuning telur, daging berlemak, telur bebek, telur puyuh, hati ayam dan caviar.

Di samping itu, masih ada makanan yang boleh Anda konsumsi dalam porsi kecil dan tidak terlalu sering, seperti cumi-cumi, mentega, makanan cepat saji, biskuit, cokelat, keju, susu, es krim, kerupuk, kerang dan kepiting. Selain itu, sebaiknya batasi juga asupan makanan yang digoreng dan mengandung santan.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol. Serat larut dalam buah dan sayur—seperti pektin—dapat membantu menyerap kolesterol dalam usus sehingga kadar kolesterol menurun.

Selain itu, buah dan sayur mengandung lemak jenuh yang rendah, sehingga tidak akan membuat kolesterol meningkat. Contoh buah dan sayur yang baik dikonsumsi adalah brokoli, apel, pir, ubi, stroberi, terung dan alpukat.

Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Ikan seperti Salmon, tongkol, sarden, makarel dan tuna, yang kaya akan asam lemak omega-3. Meskipun omega-3 tidak secara langsung menurunkan kadar kolesterol, asam lemak ini dapat membantu mencegah terjadinya bekuan darah atau plak pada pembuluh darah. Mengonsumsi omega-3 2 atau 3 seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium dan kalium, yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi kacang-kacangan 1—2 ons sehari mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 5 persen.

Kacang kedelai dan edamame memiliki manfaat yang lebih baik dibanding kacang lainnya. Hal ini disebabkan karena kedua kacang tersebut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi sehingga mampu menurunkan kolesterol lebih baik.

Jelai dan Oat

Sama halnya dengan buah dan sayur, jelai dan oat juga memiliki serat larut yang tinggi. Kandungan serat yang terkandung dalam dua makanan tersebut adalah beta glukan. Mengonsumsi 3 gram makanan yang mengandung beta glucan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Kacang merah juga bisa jadi alternatif lain dengan manfaat yang kurang lebih sama.

Itulah beberapa makanan yang harus Anda hindari dan harus dikonsumsi sebagai cara menurunkan kolesterol. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat agar kadar kolesterol tetap terjaga. Informasi lainnya seputar kesehatan, gaya hidup, parenting dan kehamilan bisa Anda baca di laman parenting.orami.co.id.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail