Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal, Masih Ada Kesempatan Berobat Hingga Sembuh

Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal, Masih Ada Kesempatan Berobat Hingga Sembuh

Selain kanker serviks, maka kanker payudara juga termasuk sebagai salah satu jenis kanker yang rentan menyerang wanita, bahkan tak hanya di usia lanjut saja, melainkan ketika sudah memasuki usia remaja juga bisa saja terjangkit penyakit yang satu ini. patut untuk diketahui bahwa penyakit tersebut juga termasuk sebagai momok yang paling mematikan di dunia, karena setiap tahunnya selalu ada ratusan orang yang meninggal dunia karena terjangkit kanker payudara. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terkait dengan gejala kanker payudara tersebut. Sehingga pengobatan yang dilakukan juga cenderung lambat, ketika kondisi kanker sudah mulai parah, jadi tidak bisa mendapatkan pertolongan secara optimal.

Lalu sebenarnya apa saja faktor yang menjadi pemicu dari penyakit tersebut? Sama dengan kanker pada umumnya, kanker payudara ini dipicu karena perkembangan sel-sel tubuh secara abnormal dan memang tidak dapat dikontrol. Sehingga lama kelamaan jaringan yang tumbuh secara abnormal tersebut juga kian besar dan mulai menganggu aktivitas atau jaringan tubuh yang lainnya, jadi persebaran yang terjadi juga berlangsung secara cepat.

Umumnya kondisi yang satu ini juga sering kali dipengaruhi oleh genetik. Dimana untuk mereka yang memiliki keluarga, dengan riwayat kanker payudara ini, maka akan beresiko tinggi untuk terkena masalah kesehatan yang sama pada suatu saat nanti. Namun jangan khawatir karena jika seandainya bisa mendeteksi dini gejala-gejalanya maka ada kemungkinan pengobatan yang dilakukan juga akan efektif. Berikut ini diantara gejala kanker payudara di tahap awal yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Perubahan yang terjadi pada payudara, diantaranya meliputi perubahan pada ukuran, kemudian juga bentuk dan juga tampilan, padahal sudah tidak ada di masa remaja, dimana memang ketika masih remaja ukuran payudara berubah semakin besar adalah kondisi yang normal. Begitu juga perubahan yang terjadi ketika Anda sedang hamil.
  2. Perubahan yang terjadi pada puting payudara, selain yang ada pada payudara, maka kerap kali kanker ini juga terjadi di area puting, dimana bagian ini akan mengalami perubahan, mulai dari ukuran, bentuk atau kondisinya, seperti yang terlalu keluar atau justru masuk kedalam.
  3. Rasa sakit pada payudara, hal yang wajar jika seandainya sesekali payudara akan mengalami rasa sakit, apalagi ketika sedang haid. Namun jika seandainya sara sakit tersebut terjadi secara terus-menerus untuk jangka waktu yang lama, tentunya harus diwaspadai. Nyeri yang berlangsung secara terus-menerus ini bisa jadi gejala kanker. Sehingga harus langsung di periksakan.
  4. Bengkak yang terjadi di area sekitar ketiak, hal ini disebabkan karena kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Biasanya juga berhubungan dengan munculnya kanker di area payudara atau di dekatnya.
  5. Pembuluh vena, khususnya yang ada di payudara juga mulai terlihat dengan jelas, sehingga urat-urat yang ada di area sekitar payudara tersebut juga terlihat secara jelas.

Jika sudah mulai merasakan gejala-gejala semacam ini maka patut untuk diwaspadai, karena ini merupakan gejala kanker payudara di stadium awal. Masih ada kemungkinan pengobatan hingga benar-benar sembuh yang dapat dilakukan. Untuk itulah maka sebaiknya Anda segera membawanya berobat ke dokter untuk melakukan pemeriksaan secara lanjut. Akan jauh lebih baik juga jika seandainya Anda yang masih sehat mulai rutin untuk melakukan medical checkup, untuk kebutuhan mewaspadai resiko penyakit yang mungkin saja menyerang, jadi langkah pengobatan kian efektif.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail